Jumat, 16 September 2011

Suara Medika (Voice of Medica - VOM)

Dulu waktu masih semester satu pas gue masih imut-imutnya, gue terkadang lewat di lantai tiga gedung FK Unhas, dan slalu ada satu ruangan yang menarik perhatian gue. Ruangan itu tepat berada di samping (atau di belakang?) kantin Medika dan terlihat eksklusif. Di depan ruangan itu ada tulisan SUARA MEDIKA. Dan kegiatan di dalemnya gue sama skali gak tau. Apa itu ruang kuliah? Apa itu sekretariat mahasiswa? Gue bertanya-tanya sendiri dalam hati.
Setelah beberapa waktu gak nemuin pencerahan apapun mengenai ruangan itu, akhirnya gue beranikan diri untuk nanya sama salah seorang senior yang gue kenal. Dan terjawablah rasa penasaran gue itu. Ternyata ruangan yang gue pikir ruang kuliah itu adalah salah satu stasiun radio yang namanya "Suara Medika Fm" atau biasanya disebut juga sebagai VOM alias Voice of Medica. Dalem hati gue pikir, 'wuih, keren juga nih FK punya radio sendiri'. Gue jadi pengen gabung di dalamnya dan menjadi salah satu penyiar Suara Medika. Tapi sayangnya, gue sama skali gak tau gimana cara masuknya. Selidik punya selidik, eh ternyata Suara Medika vakum nyiar ---- entah apa masalahnya.

And finally, hari selasa kemaren kak Igo masuk di ruang kelas gue dan umumin kalo telah dibuka lowongan untuk jadi penyiar di Suara Medika. Gue yang saat itu lagi ngantuk berat langsung melek seketika. Gue buka lebar-lebar indra pendengaran gue dan menyimak baik-baik semua penjelasan kak Igo. Syarat pendaftarannya cukup mudah, hanya disuruh mengumpulkan CV, surat lamaran kerja dan pas foto 4x6.
Awalnya gue pikir nulis surat lamaran kerja itu gampang, tapi ternyata gue ngabisin waktu semalem suntuk cuma untuk nulis surat lamaran kerja yang panjangnya gak sampai satu halaman kertas A4. Hhehe....
Esok harinya gue ngumpulin berkas gue dan ternyata yang ngedaftar disuruh balik hari kamis untuk interview. Dalem hati gue pikir, 'ah,cuman interview ini.....Gak bakalan susah-lahh.'

Hari Kamis, jam 4 sore, gue dateng ke VOM dengan semangat menggebu-gebu. Tapi begitu ngeliat banyaknya orang yang datang, nyali gue langsung ciut. Rasanya pengen pulang saja dan batal mendaftar. Padahal gue pikir, yang daftar pasti cuma sedikit, tapi ternyata banyak juga yang berminat.
Belum lama gue disana, kak Igo keluar dari studio dan umumin kalo kita semua bakalan di tes tertulis dulu, abis itu baru wawancara. Oh Gosh! What the??? Gue sama skali gak ada persiapan buat tes tertulis atau apapun itu. Akhirnya gue cuman bisa pasrah dan ngejawab seadanya. Selesai tes tulis, gue masih nunggu giliran interview gue, dan ternyata giliran gue masih lama, jadi gue ngobrol-ngobrol aja sama orang-orang yang ada disana. Dan satu lagi fakta yang gue dapetin, ternyata yang daftar ini bukan cuma anak-anak FK doang, tp juga dari fakultas lain, bahkan ada juga yang dari jurusan sastra inggris! Nah, semakin ciutlah nyali gue. Rasanya bener-bener pengen lari ke hutan kemudian teriakku, kulari ke pantai kemudian menyanyiku...... #loh? kok malah berpuisi kayak Cinta yakk?? Hhahaha......
Intinya tuh, saat itu gue pengen kabur ajah. Pengen lari. Pengen undurin diri.
Tangan gue udah dingin banget pas tiba giliran gue. Sambil nenangin diri sendiri, akhirnya gue masuk ke Suara Medika dan duduk di depan penyiar-penyiar lain. Kalo gak salah inget sih ada sekitar 5-6 orang gitu yang nge-interview gue.
Awalnya gue disuruh perkenalkan diri dulu, trus ditanya-tanya tentang lagu favorit, band favorit, penyanyi favorit, lagu-lagu terbaru dan lain-lain. Sampai disini gue masih fine-fine ajah, hingga akhirnya gue disuruh akting lagi siaran. Sumpah, gue bingung banget mau ngomong apa ajah. Tapi entah dapet kekuatan darimana, kata-kata meluncur keluar begitu saja dari mulut gue. Mulai dari opening sampe closing bisa gue atasi dengan baik. Trus gue juga disuruh siaran duet sama salah seorang penyiar disitu dan ngebaca berita dan juga ngebaca iklan. Pokoknya all things that you should do as an announcer deh.
Tapi yang tiba-tiba bikin gue kagok adalah.......

"Nah, kita udah denger nih kamu siaran kayak gimana, sekarang kita mau denger suara kamu kalo nyanyi."
"Hahh?? Nyanyi kak?"
"Iya, nyanyi."
"Serius?"
"Yaiyalah. Emang kamu pikir kita disini main-main?"

Gue diem. Lamaaaaa banget. Hingga akhirnya kak Arief dateng dan nyeletuk, "Dia pinter maen gitar. Skalian aja disuruh nyanyi sambil main gitar."

Gubrak! Rasanya gue mau nyebur dalem kolam ikan deh.
Senior-senior disana manggut-manggut tanda setuju. Gue akhirnya hanya bisa pasrah saat gitar sudah disodorin. Saking gugupnya gue, sampai-sampai gue lupa lirik lagu yang gue nyanyiin! Parah banget gak sihh?

Syukurlah penderitaan gue segera berakhir. Karena ternyata gue diinterview lamaaaaa banget! Temen gue yang masuk setelah gue malah udah keluar duluan. Pas gue tanyain dia tadi disuruh nyanyi juga atau gak, dia bilang gak. Jadi ini kesimpulannya gue yang dikerjain atau gimana sihh??
Ah, masa bodo'. Yang penting gue udah nyoba, kalopun gak keterima, gue bisa ikhlas karena gue udah usaha.

Hari ini, hari Jumat adalah penentuan kelulusan.
Dan tebak sodara-sodara.......apakah gue LULUS???

YUPP!! GUE LULUS INTERVIEW!

Alhamdulillah, gue seneng banget! Bayangin, dari puluhan orang yang mendaftar hanya sepuluh orang yang diterima, dan gue TERMASUK didalamnya! I'm SUPER proud!

Tapi, gak seharusnya gue seneng dulu.
Masih ada tahap training yang menanti.
Semoga gue bisa ngebagi waktu gue dengan baik.
Antara akademik, sinovia, dan nyiar.

SEMANGAT!!!!

2 komentar:

  1. Wah...selamat yah udah diterima :D
    Kalo gue dijamin bakal gagal sebelum berperang.
    Suara gue...eheemm, lebih mirip kentut, wkwkwkw... :))

    BalasHapus
  2. makasihh,makasihh... :D

    yg pntg buat penyiar bukan hnya suara bgus kok,tp yg pntg hrs bisa ngelawak. #lohh?

    suaraku jg gak bagus2 amat,lafal 'R'ku jg kacau,keajaiban bgt deh gue bisa keterima.hhehe.,.,

    BalasHapus

Eittt....jangan lupa tinggalkan komentarnya yaa. Komentar tidak melalui penyaringan apapun, tapi jangan nyepam ya guys! ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...