Selasa, 04 Oktober 2011

WARNING!!! Gondongan bisa menyebabkan MANDUL!

WARNING!!! Bagi yang ngerasa COWOK sebaiknya baca postingan ini!

Oke, sepertinya judul postingan gue ini heboh banget, pake tulisan WARNING dan tanda seru tiga segala. Tapi ini bener-bener harus diketahui, terutama bagi kaum yang namanya cowok. #sokserius
Gue nulis postingan ini juga karena teringat dengan salah satu mata kuliah gue semester lalu. Disitu gue dijelasin sama dokter tentang salah satu penyakit yang namanya Mumps, atau biasanya sih orang jawa nyebutnya 'gondongan' atau 'bengkak babi'. Nah, kalo asal muasal namanya kenapa bisa disebut bengkak babi, jangan tanya sama gue. Gue juga heran kenapa disebut seperti itu. Apa karena ada hubungannya dengan babi atau sejenisnya gue gak tau.

Pasti lo pernah kan ngeliat orang atau anak-anak yang gondongan? Itu lohh yang pipinya bengkak-bengkak tembem gituu..... Tapi bengkaknya itu terasa nyeri dan sering menyebabkan kesulitan untuk membuka mulut.


Tapi, tahukah kalian kalo gondongan atau mumps atau bengkak babi yang bahasa kedokterannya disebut sebagai parotitis ini bisa menyebabkan kemandulan bagi para lelaki??? Nah disini gue mau cerita sedikit tentang apa yang udah diajarin dosen gue. (semoga gue masih inget)

Yang gue inget, asal katanya, parotis yang artinya kelenjar parotis dan itis yang artinya inflamasi atau peradangan, kalo digabung artinya menjadi peradangan pada kelenjar parotis.
Gondongan ini disebabkan oleh virus dan penularannya bisa melalui air liur, muntahan dan bahkan urin. Jadi perhatiin deh ada gak orang serumah lo yang lagi gondongan? Jangan sampe lo sepiring berdua (romantisssss bangeeetttt) trus gak nyadar tukeran liur (hueksss) dan akhirnya lo terkontaminasi.
Ciri paling khasnya yaitu bengkak yang timbul dimulai dari bawah tulang rahang kemudian ke belakang telinga dan ke arah pipi, ada nyeri tekan dan juga demam.
Sebenernya sih penyakit ini gak berbahaya. Dan karena penyakit ini disebabkan oleh virus, jadi dia bisa sembuh dengan sendirinya, atau sebutan kerennya self limiting disease. Hhehe..... Tapi ternyata gondongan ini bisa menyebabkan kemandulan bagi pria dan tentu saja ini yang membuat penyakit ini gak boleh dianggap remeh.
Biasanya sih gondongan menyerang anak-anak, tetapi kalo pria dewasa yang sudah akil baligh yang terserang bisa berakibat fatal bagi fertilitas alias kesuburan spermanya.
Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, kalo penyakit ini disebabkan oleh virus, dan virus ini bisa menyebar dan menjalar ke testis dan bisa merusak produksi sperma. Itulah sebabnya gondongan perlu diwaspadai oleh kaum pria yang sudah dewasa ataupun yang baru puber. Biasanya kalo virus ini udah menyebar sampai ke testis maka testis akan terasa nyeri dan bengkak.

Oh ya, satu lagi, gondongan ini cuman bisa diobatin simptomatis atau dengan kata lain diobati gejalanya aja. Jadi untuk bengkaknya bisa dikompres air hangat, nyerinya dikasih analgetik, sama istirahat yang cukup. Kecuali ada infeksi sekunder bakteri, harus diberikan antibiotik juga.

Jadi, waspadalah wahai kaum adam dengan gondongan ini. Kalo lo ngerasa udah di vaksin waktu masih bayi ya alhamdulillah, tapi kalo belom yaaa.....gue doain semoga lo gak bakal terkena gondongan. Aminnnn.......^^

Semoga postingan gue malam ini bisa bermanfaat. (yahh....meskipun kalimat gue bener2 kacau. hhehe.....) Semoga bisa dimengerti yaaaa.....


(n.b : kalo ada kesalahan informasi tolong diperbaiki)

21 komentar:

  1. ya allah, serem jeng :o
    btw postingannya bagus cuman minus gambar. lebih baik disertakan gambar, kan gak semua orang pernah liat penderita gondongan *termasuk gue* :D

    BalasHapus
  2. sip. salam kenal sesama anak FK hehehe

    iya emang bahaya. karena mumps itu virus yg gampang menular. Wah ternyata bisa berefek ke kelamin juga toh?? *barutau*

    BalasHapus
  3. @irvina : saran accepted.udh gue tambahin gambarnya.btw,ini gue bales komen msh hrs buka pake android lohhh.T____T

    @ega : salam kenal jugaaaa.gue jg baru tau pas sistem urogenitalia.hhehe

    BalasHapus
  4. Wah, dulu punya temen yang kena gondongan.Waktu kecil sih.Itu bahaya gak ya?

    BalasHapus
  5. @Aliv : setau gue sih kalo kenanya pas waktu kecil gak bahaya,yg bahaya itu kalo kenanya pas udh gede atau puber krn dia udh mulai mghslkan sperma.

    BalasHapus
  6. baru tahu bisa menyebabkan kemandulan :o

    BalasHapus
  7. OW ternyatah bsa nyebapin mandul toh,,bner2 bru tw nih..thx thx hehehe

    BalasHapus
  8. @pipit : iyee,ini jg baru keinget makanya cepet2 diposting sblm lupa.hhehe

    @Ca Ya : yupp,sama2.

    BalasHapus
  9. serem bener euy. untung gue cewe ya. kalo cewe ga ampe bikin mandul gitu kan???? bilang iya

    BalasHapus
  10. @bebyyy : tidaaakkkk,kalo utk cwek sama sekali gak berpengaruh trhdp reproduksinya,krn sistem reproduksi cwok dan cwek berbeda.kalo cwok,spermanya baru dihslkan atw aktif ktka sdh puber,shg ada kmgkinan bs rusak oleh virus.nah,kalo cwek,telur atw ovum yg nantinya akan menjadi bakal janin sdh diproduksi sejak lahir,shg aman dari gangguan virus.kira2 begitu pnjlsannya.hhehe....

    BalasHapus
  11. edede..mallakuja..
    bagaimanami klo kena testis mending matimi saja..klo bengkak biarmi tapi kalo mandulmi atw nd berfungsi lagi..humm(sori cuma baca yang tulisan tebalnya..;

    kondokondo biasa org bilang di kampung..

    BalasHapus
  12. hay.. iini blog walking... ku dah follow blog kmu... follow back yah di uniknyakisah.blogspot.com

    BalasHapus
  13. menyeramkan ya, kalau monyet akan kena gondongan juga nggak? ;D

    BalasHapus
  14. Walaaah... Baru pertama kali maen ke sini langsung dikasih warning. Khusus buat cowok lagi. :(
    Pengen buru-buru kabur aja tadi. Tapi karena dengkul saya langsung lemes dan gemeteran saking takutnya sampe ngga bisa lari, apa boleh buat, saya baca aja deh. :P
    Saya mo tanya; apakah mandulnya itu permanen atau bisa diobati? Yang dirusak itu sperma-nya aja atau testisnya juga? Gitu aja deh.
    Nanti klo saya mo ke sini lagi, jangan dikasi warning, yaa...

    BalasHapus
  15. @yudee : iya, emg ngeri bgt.

    @ ogie : makasih udh di follow. :D

    @seno : wah, kalo monyet gue gak tau. hhehe

    @ nandobase : mandulnya permanen mas. jadi,produksi spermanya udh gak bagus lg krn udh dirusak sama virus.aktivitas seksual masih bisa dilakukan spt biasa,tp sperma yg dihasilkan tdk bisa membuahi ovum.

    BalasHapus
  16. Aq lg kena gondong ne mbak.. Trus dokter nya bilang aq bs mandul...pdhl aq cewek...umurku 23 th n blom menikah

    BalasHapus
  17. kemungkinan mandul itu sangat kecil, http://childrengrowup.wordpress.com/2012/03/06/mumps-atau-penyakit-gondong-manifestasi-klinis-dan-penanganannya/

    BalasHapus
  18. masa permanen? Carikan obatnya dulu dok!

    BalasHapus
  19. Saya Ibu Dian, sudah 5tahun setelah saya menikah namun saya belum punya momongan,
    Saya udah berobat kemana-mana secara medis maupun tradisonal namun tidak membuahkan hasil,
    Terakhir saya berobat tradisional di seseorang yang berpengalaman hanya melalui telpon/Hp : 0823-2710-2777 atas nama KI AGENG,
    Awalnya saya ragu karena hanya melalui telpon tetapi dengan rasa penasaran saya coba hubungi nomor tersebut dan konsultasi,
    ternyata KI AGENG mengusai beberapa Ilmu mistis diantaranya :
    1.Santet/Teluh
    2.Pelet
    3.Pesugihan kekayaan
    4.pengobatan tradisional segala jenis penyakit
    5.Menghilangkan janin dalam kandungan
    6.Junjung derajat
    7.Meramal jodoh dan rezeki
    8.Ilmu kekebalan.
    Pada akhirnya saya di obati dari jarak jauh,
    1bulan setelah saya di obati jarak jauh saya mulai mual dan sebagainya,
    kemudian saya langsung periksa ke ahli kandungan setempat dan alhamdulillah hasilnya positif dan akhirnya saya memiliki seorang anak.

    BalasHapus

Eittt....jangan lupa tinggalkan komentarnya yaa. Komentar tidak melalui penyaringan apapun, tapi jangan nyepam ya guys! ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...