Jumat, 29 April 2011

BEING A DOCTOR, is it that cool??

Dari kecil cita-cita gw emang pengen jadi dokter, dan ga pernah sekalipun cita-cita gw berubah seperti pada anak-anak kecil pada umumnya.
Gw sendiri sebenernya udah lupa gimana awalnya sampai gw pengen jadi dokter, yg jelas berawal dari cita-cita gw itu lah akhirnya gw belajar dan berusaha sampai akhirnya gw bisa duduk di bangku fakultas kedokteran.

Dulu, gw berpikir orang-orang yg berjas putih itu keren banget! Mereka bisa nyembuhin orang sakit, mereka punya banyak wawasan dan pengetahuan untuk membantu meringankan penderitaan orang yg sakit. Nah, mungkin berangkat dari situlah niat gw pengen jadi dokter. Niat, itu sebenarnya hal yg paling penting dalam menjalankan sesuatu. Kalo dari awal niatnya udah ga bener, yakin deh di tengah-tengah bakal putus.

Niat gw sendiri masuk di kedokteran selain karena cita-cita dari kecil, juga karena gw pengen banget membantu orang-orang yg sakit dalam mendapatkan fasilitas kesehatan yg memadai. Oke, mungkin lo smua skarang pada mikir kalo gw terlalu ‘idealis’ atau apalah namanya. Tapi niat gw itu masih tetap sama dan ga akan pernah berubah.

Dulu gw terkadang heran banyak banget anak-anak SMA yg baru lulus berbondong-bondong masuk bimbingan belajar untuk mengikuti SNMPTN dengan harapan bisa masuk di Fakultas Kedokteran. Oke, memang sekarang ini mendengar nama Kedokteran sepertinya sangat penuh dengan kebanggaan. Secara, di dalam masyarakat telah berkembang suatu paradigma bahwa profesi seorang dokter adalah profesi yang sangat bergengsi dan mulia. Siapa sangka sekarang banyak orang yang berpikiran dengan menjadi seorang dokter lo bisa menjadi seseorang yang bergelimangan harta dan pengetahuan. Nah, mungkin dari pemahaman yang begini ini lah tidak sedikit orang yang mau berjuang dan bersusah payah dan bahkan menggunakan segala macam cara untuk bisa menjadi seorang dokter dengan harapan bisa mempunyai segelimang harta dari hasil praktek dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Profesi dokter dianggap sebagai cara yang mudah untuk menjadi penghasil uang, pemetik uang, mesin penghasil uang, atau apapun istilahnya.
Nah, sampai disini gw mulai ga bingung lagi kenapa banyak yang pengen masuk fakultas kedokteran dan menjadi dokter. Tapi please deh guys, menjadi seorang dokter ga semudah yang lo bayangin!
Oke, gw tau banyak yang bisa membayar lebih hanya untuk bisa menyandang predikat mahasiswa kedokteran, tp ketahuilah menjadi mahasiswa kedokteran ga sekeren yang lo kira!
Udah masuknya susah, keluarnya juga susah! Belom lagi lo dihadapin sama masalah-
masalah yang selama ini belom pernah lo temui sebelumnya.

Kenapa gw bilang masuk kedokteran itu susah? Gini, coba aja lo bayangin, dalam satu fakultas kedokteran di suatu universitas hanya bisa menerima sekitar 150-200 orang mahasiswa baru. Nah, lo musti bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu orang yang ingin masuk di jurusan yg sama dengan lo. Bisa bayangin kan berapa persen kemungkinannya? Belom lagi orang-orang yang menggunakan segala cara untuk bisa masuk di fakultas pilihannya ini bahkan dengan membayar hingga ratusan juta rupiah! Udah nyusahin orang tua, nyusahin diri sendiri juga karena pasti rugi banget kalo ga sukses.

Dan kenapa gw bilang keluar dari kedokteran itu susah (lulus.red) ? Karena lo harus nyelesein studi lo lebih lama dari pada orang-orang kebanyakan. Kalo normalnya orang kuliah itu cuman ngabisin waktu sekitar 4 tahun untuk meraih gelar sarjana, lo harus menyandang predikat mahasiswa kedokteran yang lo banggain itu selama 5-6 tahun atau bahkan lebih untuk bisa menjadi seorang dokter. Belom lagi sistem kurikulum yang berubah-ubah dan diubah seenak jidatnya orang-orang yang katanya memegang peranan penting dan peduli terhadap kemajuan dunia kedokteran di Indonesia.

Kalo lo bisa lulus tepat waktu, Alhamdulillah…..Tp kalo ga yaa, nikmati aja deh.


Tapi guys, yg perlu lo inget, meskipun udah masuk di kedokteran belom tentu lo bisa mulus jadi dokter. Semua itu ada prosesnya coy, dan prosesnya ga semudah yg lo bayangin.
Dan jangan pikir setelah lo jadi dokter lo bisa ongkang-ongkang kaki dan duduk santai dan berhenti belajar. Menjadi seorang dokter itu harus belajar seumur hidup. Long life learning. Dan lo ga bisa menghindar dari hal itu.

Jadi dari sekarang, yang udah ancang-ancang pengen masuk di fakultas yang katanya ‘bergengsi’ ini lebih baik pikir-pikir dulu deh baik-baik. Kalo emang niat lo cuman untuk menimbun harta, lebih baik masuk jurusan lain aja yang ngajarin lo caranya ngumpulin duit. Karena yg bisa survive di dalamnya hanyalah mereka yg serius dan sungguh-sungguh.

Jadi, luruskanlah niat dan sucikanlah hati.

Gw ga mau dokter-dokter masa depan menjadi dokter-dokter yang melupakan tujuan dan tugasnya sebagai seorang pelayan masyarakat dan hanya menjadi mesin pemetik uang. Haruskah kita melupakan tugas hanya demi uang??

Oke, ga usah lihat masa depan deh. Lihat masa sekarang ajah. Lihat sekeliling kita berapa banyak orang miskin yang menderita dan kelaparan? Berapa banyak bayi yang lahir dan menderita kekurangan gizi? Berapa banyak pengemis yang kita lihat di pinggir jalan tanpa tangan dan kaki?
Pastinya mereka mengharapkan kesembuhan, namun dengan biaya yang besar dan tak sebanding dengan penghasilan yang mereka dapatkan, tentunya mereka berpikir berkali-kali untuk mendapatkan pengobatan. Untuk makan aja susah, apalagi untuk berobat?

Nah, disini timbullah pertanyaan, semahal apa sihh biaya pengobatan itu?
Gw juga tau, berobat itu mahal, bahkan gw yang berkecukupan inipun terkadang enggan berobat kalo sakit, karena gw tau biayanya mahal. Buat sekali konsultasi aja makan ratusan ribu, gimana beli obatnya??
Kenapa sih sedikit banget dokter yang bisa membantu masyarakat kita yang kesulitan dengan penyakitnya? Apa emang di Negara kita ini kekurangan dokter? Padahal setahu gw ada ribuan dokter di Negara kita dan tidak sedikit dari mereka yang memiliki harta yang berlimpah.

Gw disini ga mau nyalahin siapapun atau apapun. Gw hanya menuliskan pemikiran gw. Dan harapan gw citra dokter di mata masyarakat bisa berubah.
Dan dari manakah kita harus memulainya?
Ya, mulai dari sekarang, dari diri sendiri, dari niat, dan dari hati.
Jadi lo smua yang pengen jadi dokter, lurusin dulu niat, tanya hati lo yang paling dalam, apakah lo siap dibebani semua tanggung jawab moral sebagai dokter?
Jawabannya……ASK YOURSELF.



Wassalam.

4 komentar:

  1. wkwkwkw kereen euy anak kedokteran ..tapi yah smpet kepengen juga sih haha tapi akhirnya mndur teratur meskipun smpt ada surat pmberitahuan bhw say lulus di univ swata jur kdoktran wkwkkwkw...

    hmm apapun alasanya yg penting jgn ada malpraktek aja deh mbak ;;(udah bayar mahal malah modar wkwk)
    salam hangat :)

    BalasHapus
  2. thanks komen-nya.^^
    kalo udah melakukan segalanya sesuai dgn prosedur dan pas kuliah ga main2 aja kerjanya,insya allah ga akan kejadian yg namanya malpraktik.

    BalasHapus
  3. That's right!
    Being a doctor is very difficult :D
    Gak hanya susah dari segi penerimaan dan pelajaran, tapi juga dari segi biaya, hahaha...
    Rata2 mahal banget untuk kuliah di jur. kedokteran :D
    Tapi ada lho, kalo mis. gak tembus masuk di jur. kedokteran, kita bisa masuk lewat "jalur belakang".
    Asal berani bayar aja :D
    Dan banyak univ. menerapkan hal itu.
    So, gak semua dokter itu pinter :D
    Sorry, just my opinion :D

    *berdasarkan pengalaman pribadi *tsaaaah :))

    BalasHapus
  4. Setuju! Krn emang byk banget yg entah krn kemauan diri sendiri atau keinginan orgtua malah maksain diri utk masuk, walaupun sbnrnya ga diterima dgn cara membayar sejumlah harga yg pastinya ga sedikit.
    *menurut pengalaman jg ini*
    (ada beberapa teman yg belakangan sy ketahui masuk dgn jalur itu)

    alhamdulillah sy kuliah di universitas negeri, jd ga mahal biaya per semesternya, duit masuknya jg ga nyampe 2jt.
    ^____^

    BalasHapus

Eittt....jangan lupa tinggalkan komentarnya yaa. Komentar tidak melalui penyaringan apapun, tapi jangan nyepam ya guys! ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...